Tips Efektif Olahraga di Bulan Puasa

Tips Tetap Kuat Olahraga di Bulan Puasa, Baca Selengkapnya di Sini!

Sumber: Antaranews.com

Waktu berjalan begitu cepat, sehingga tak terasa bulan Ramadhan akan tiba dalam hitungan beberapa bulan lagi. Tentu saja datangnya bulan suci ini menjadi hal yang paling dinanti-nanti oleh umat Islam di seluruh dunia. 

Akan tetapi, masih banyak dari kita yang kerap bermalas-malasan di bulan puasa. Padahal, ibadah puasa bukan menjadi alasan bagi kita untuk bermalas-malasan lho! Tentu saja tubuh ini harus tetap bergerak dan beraktivitas. Ya, salah satunya dengan melakukan kegiatan olahraga. 

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan tips olahraga saat puasa. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini. 

1. Perhatikan Waktu dan Durasinya

Sumber: BukaReview

Sebaiknya kamu jangan berolahraga di siang hari bolong. Hal itu bukan tanpa alasan, karena suhu di siang hari tentunya akan terasa sangat panas sehingga berpotensi menimbulkan rasa haus. menurut para pakar kesehatan, menyebutkan bahwa waktu terbaik untuk berolahraga saat bula puasa itu adalah menjelang buka puasa. 

Selain itu, kamu jangan memaksakan diri untuk berolahraga dengan durasi yang lama. Untuk durasi olahraga di bulan puasa, sebaiknya lakukan sekitar 30 – 40 menit saja per harinya. 

2. Memilih Jenis Olahraga yang Tepat

Sumber: Halodoc

Harus kalian ketahui, bahwa tidak semua jenis olahraga itu cocok dilakukan di bulan puasa. Dalam hal ini, kamu harus memilih jenis-jenis olahraga yang ringan, seperti jogging, jalan santai, yoga, dan bersepeda. Perlu diingatkan sekali lagi, kamu jangan mencoba untuk melakukan aktivitas olahraga dengan intensitas tinggi.  

3. Pertimbangkan Asupan Makanan yang Dibutuhkan

Sumber: Alodokter

Di bulan puasa tentu tubuh kita akan diberi waktu dua kali untuk makan, yakni pada waktu sahur dan buka puasa. Secara otomatis, jadwal waktu makan kita akan ada sedikit perubahan dari sebelumnya. Bahkan, ada kemungkinan porsi makan kita akan berubah juga.

Penting bagi kamu untuk mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral guna memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Terlebih untuk karbohidrat, yang mana kandungan ini menjadi aktor utama sebagai penyuplai energi bagi tubuh. 

Tak hanya karbohidrat, kandungan protein juga tidak kalah pentingnya dalam menjaga kebugaran tubuh selama menjalankan aktivitas di bulan puasa lho. Adapun mengenai beragam jenis makanan yang kaya akan kandungan protein, seperti telur, daging ikan, daging sapi, dan susu.  

4. Memperbanyak Minum Air Mineral

Sumber: DetikHealth

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa suhu di siang hari akan terasa lebih panas sehingga dapat memicu dehidrasi saat berolahraga. Untuk mencegah masalah tersebut, maka kamu harus memperhatikan asupan cairan tubuh. 

Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk meminum air mineral sebanyak 1,5 liter hingga 2 liter (sepanjang waktu buka puasa sampai waktu sahur).  Namun, akan jauh lebih baik lagi jika kamu tidak melakukan aktivitas olahraga di siang hari, meskipun itu jenis olahraga indoor. 

5. Perhatikan Durasi Tidur

Sumber: Media Blitar – Pikiran Rakyat

Hal penting berikutnya yang jangan sampai kamu lewatkan, yakni memperhatikan durasi waktu tidur. Sebagaimana yang sudah diketahui, bahwa orang dewasa itu membutuhkan waktu tidur selama 7 hingga 8 jam per harinya. 

Apabila durasi tidurmu kurang dari waktu tersebut, tentu saja berpengaruh terhadap tingkat kebugaran tubuh yang akan menurun. Itu sebabnya, mengapa orang yang kurang tidur selalu terlihat lebih lemas, lesu, dan tidak bergairah. Oleh karenanya, kamu harus mencukupi waktu tidur agar tubuh tidak lemas saat berolahraga di bulan puasa.

Baca juga: Tips-tips Paling Lengkap dan Berguna, Ada di IDN App

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *