4 Amalan Sederhana di Hari Jumat yang Perlu Anda Ketahui

4 Amalan Sederhana di Hari Jumat yang Perlu Anda Ketahui, Simak di Sini!

Sumber: Kanwil Kemenag Provinsi Aceh

Selain bulan Ramadan, hari Jumat dianggap sebagai hari yang berkah bagi seluruh umat Islam, karena memiliki keistimewaan dan terdapat keutamaannya. Seperti melakukan amalan sederhana di hari Jumat yang mendatangkan berbagai kebaikan bagi yang menjalaninya.
Berbagai amalan yang dapat dikerjakan di hari Jumat termasuk sederhana dan bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun. Berikut ini terdapat 4 amalan sederhana yang bisa Anda lakukan di hari Jumat, yaitu:

Bersedekah

Sumber: Okezone.com

Sedekah merupakan salah satu amalan yang dianjurkan bagi umat islam agar selalu berbagi. Anda bisa bersedekah kapan saja ke orang yang kurang mampu dan tidak selalu dalam bentuk uang, Anda bisa sedekah dalam bentuk tenaga atau makanan. 
Tetapi, terdapat waktu yang lebih dianjurkan untuk melakukan sedekah, yaitu ketika selepas subuh yang bertepatan pada hari Jumat. Hal ini dikarenakan pada waktu tersebut, terdapat dua malaikat yang turun dan akan mendoakan bagi mereka yang bersedekah, serta Anda akan mendapatkan pahala berlipat ganda dari Allah SWT.

Membaca Surat Al-Kahfi

Sumber: Tribun

Selanjutnya, salah satu ibadah sunnah yang dapat Anda lakukan di hari Jumat yaitu membaca surat Al-Kahfi. Ibadah yang satu ini dianjurkan untuk dikerjakan bagi seluruh umat Islam, sehingga bisa mendapatkan ketenangan hati yang dapat menyinari dua Jumat atau bahkan 1 pekan kemudian.
Hal ini telah disampaikan melalui sabda Rasulullah SAW yang berada dalam HR. Imam Hakim di Al-Mustadrak yang berisikan: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat, maka Allah akan meneranginya di antara dua Jumat.”

Perbanyak Selawat Nabi dan Dzikir

Sumber: Pemda Kota Cirebon

Selawat Nabi dan dzikir dapat Anda lakukan kapan saja dan dimana saja, tetapi umat muslim sangat dianjurkan untuk lebih banyak membaca selawat Nabi dan dzikir di hari Jumat. Anda bisa mulai lakukan amalan yang satu ini sejak hari kamis petang hingga hari Jumat tengah malam.
Hal ini terdapat di dalam hadis riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah, dan An-Nasa-i, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian yaitu hari Jumat, maka perbanyaklah selawat kepadaku, karena selawat kalian akan disampaikan kepadaku.”

Perbanyak Doa

Sumber: MyPangandaran

Selain perbanyak selawat Nabi dan dzikir, seluruh umat islam dianjurkan agar perbanyak doa di hari Jumat. Hal ini dikarenakan terdapat satu waktu di hari Jumat sebagai waktu yang tepat untuk berdoa, sebab Allah SWT akan diijabah oleh Allah SWT, jadi Anda bisa berdoa apa saja.
Satu waktu yang dimaksud yaitu detik terakhir di hari Jumat, lebih tepatnya menjelang Magrib. Waktu menjelang Magrib yaitu ketika matahari terbenam, jadi Anda bisa mulai berdoa dengan khusyuk di waktu tersebut.
Perlu diketahuui, hari Jumat memang hari yang sangat istimewa dan bersejarah bagi seluruh umat islam, karena pada hari Jumat nabi Adam diciptakan oleh Allah SWT. Selain itu, hari Jumat merupakan hari untuk menghapus dosa-dosa dan sebagai waktu dimana doa Anda akan diijabah oleh Allah, jadi jangan sampai ketinggalan amalan sederhana di hari Jumat.
Demikian ulasan mengenai 4 amalan sederhana yang dapat dilakukan oleh umat islam di hari Jumat yang berkah, sehingga akan mendatangkan berbagai kebaikan dalam hidup dan menjadi penghapus dosa bagi setiap orang yang menjalankannya. Bagaimana menurut Anda mengenai amalan sederhana di hari Jumat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *