Cara Membuat Surat Pernyataan yang Baik dan Benar

Cara Membuat Surat Pernyataan yang Baik dan Benar, Simak di Sini!

Sumber: Google

Apa itu surat pertanyaan? Sesuai dengan namanya, surat pernyataan bentuk kesanggupan yang dilakukan seseorang atau lembaga dalam bentuk tulisan. 
Surat pernyataan ini sering digunakan sebagai acuan dalam melakukan pembuatan surat. Karena memang surat pernyataan ini merupakan bagian dari poses surat menurat dari perorangan maupun perusahaan. Selain itu, surat pernyataan ini harus dibuat sesuai dengan aturan yang sudah disepakati dan ada sebelumnya. 

Tujuan Surat Pernyataan

Sumber: Detikcom

Adapun tujuan dari surat pernyataan adalah sebagai berikut :

Baca juga: Cara Mudah Mengeetahui Emas Asli atau Palsu

Tujuan Sehari-hari

Disini surat pernyataan dibuat sebagai pelengkap sebuah persyaratan, contohnya seperti pada urusan lamaran pekerjaan, dimana pihak perusahaan mewajibkan orang yang melamar pekerjaan untuk melampirkan surat pernyataan ke dalam lamaran pekerjaan.

Untuk Keperluan Dinas / Pekerjaan

Dalam hal ini, surat pernyataan dibuat guna mempermudah dan melancarkan urusan pekerjaan.

Keperluan Lembaga

Dalam hal ini, surat pernyataan dibuat untuk keperluan lembaga yang bertujuan untuk memberikan pernyataan sebuah pekerjaan, sehingga pekerjaan pun bisa dilakukan secara maksimal.

Fungsi Surat Pernyataan

Sumber: Integra Teknologi Industri

Selain berfungsi sebagai bentuk dari pernyataan atau kesanggupan, surat pernyataan juga memiliki banyak fungsi lainnya di antaranya adalah :
  • Surat pernyataan ini dapat memberikan penjelasan lebih lanjut terkait kesanggupan dalam melakukan sesuatu. Bukan hanya kesanggupan melakukan sesuatu tetapi juga menerima segala risiko yang akan terjadi.
  • Surat pernyataan bisa digunakan sebagai dokumen atau persyaratan pendukung yang dilakukan sebagai persyaratan tertentu dalam melakukan sebuah pekerjaan.
  • Surat pernyataan bisa digunakan sebagai pengingat bahwa telah melakukan sebuah pernyataan terkait kesanggupan suatu pekerjaan. Maka dari itu, pekerjaan tersebut harus dilakukan sesuai dengan pernyataan yang terlampir.
  • Surat pernyataan juga bisa digunakan sebagai bukti jika terjadi pelanggaran. Dengan adanya surat pernyataan memberikan suatu bukti bahwa suatu pekerjaan telah disanggupi. Jadi jika terjadi pelanggaran, maka surat ini menjadi bukti yang kuat di mata hukum. 

Contoh Surat Pertanyaan

Sumber: Finansialku

Ada  banyak contoh surat pernyataan yang berisikan tentang kesanggupan atau pernyataan bisa melakukan sesuatu pekerjaan dan siap menerima segala risikonya ke depannya, salah satunya adalah surat pernyataan kerja. 
Surat pernyaan kerja ini dibuat guna memberikan pernyataan bahwa anda bisa melakukan sebuah pekerjaan dan memberikan penjelasan tentang kesangguoan terhadap pekerjaan tersebut. Salah satu contohnya adalah pada surat pernyataan cpns yang diberikan secara terlampir ketika melamar jadi pns.
SURAT PERNYATAAN KERJA
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Yayan Sundana
Tempat, Tanggal lahir : Garut, 10 November 1997
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Agam : Islam
Alamat : Jl. Ahmad Yani, No. 523, Garut
Telepon : 081765390875
Dengan ini saya menyatakan bahwa saya:
Sedang tidak terikat kontrak atau kerja dengan perusahaan mana pun
Berstatus belum kawin
Bersedia bertugas dalam masa yang ditentukan
Bersedia untuk tidak mengambil cuti saat masa penugasan
Tidak akan melakukan tindak pidana dalam bentuk apa pun
Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dai siapapun. Jika saya melanggar pernyataan ini, saya siap untuk dituntut melalui jalur hukum dan siap menanggung segala konseskuensi atas pelanggaran yang saya lakukan. 
Garut, 11 Juli 2020
Pembuat Pernyataan
(tanda tangan+materai)
Yayan Sundana
Mungkin itu saja artikel kali ini tentang cara membuat surat pernyataan. Semoga tulisan ini ada guna dan manfaatnya bagi anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *