Cara Membuat Kering Tempe Renyah Tahan Lama

Cara Membuat Kering Tempe Renyah Tahan Lama Anti Gagal, Simak di Sini!

Sumber: Cookpad

Kering tempe merupakan salah satu makanan favorit banyak orang. Kering tempe memiliki tekstur yang renyah dengan rasa gurih manis yang sangat lezat. Semakin nikmat jika kering tempe dicampur dengan kacang goreng dan terasi didalamnya. Maka akan menambahkan cita rasa yang lebih gurih yang semakin enak jika disantap dengan nasi hangat. Kering tempe merupakan lauk yang disukai semua usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pada saat bulan Ramadhan ini kering tempe bisa banget menjadi makanan alternatif ketika sahur. Jadi, para bunda di rumah yang mager untuk membuat lauk sahur. Kamu bisa banget stok kering tempe di rumah.

Tapi, sayangnya sering banget nih jika membuat kering tempe tidak renyah. Sehingga ketika dimakan kurang lezat, dan mengurangi cita rasa dari kering tempe itu sendiri.
Tapi sekarang kamu nggak perlu takut membuat kering tempe di rumah. Karena di bawah ini akan dibagi cara membuat kering tempe renyah tahan lama yang bisa kamu makan kapan saja, silahkan disimak dengan baik!

Tempe Harus Kering

Sumber: Piknikdong

Cara membuat tempe kering tetap renyah yang pertama adalah memastikan tempe yang akan diolah kering atau memiliki kualitas bagus dengan tekstur tempe yang padat. Ciri-ciri tempe berkualitas baik yaitu butiran kedelainya rapat, memiliki warna kuning cerah, ketika ditekan terasa keras, dan mengeluarkan aroma kedelai segar.
Tempe yang kurang padat atau memiliki kualitas yang buruk akan menyulitkan ketika proses potongnya dan penggorengannya. Ketika dipotong tempe yang kurang padat kan mudah diurai, dan ketika digoreng akan hancur.
Untuk mendapatkan hasil tempe kering yang renyah kamu harus memotong tempe dengan ukuran yang sama rata yaitu dengan ketebalan 1/2cm. kamu juga bisa memotong tempe sesuai selera, yang penting rata dan kecil-kecil.
Setelah dipotong kecil-kecil dan tipis, kamu harus menjemur tempe tersebut atau hanya diangin-angin saja agar tempenya kering. Sebelumnya kamu bisa menaruh tempe di nampan atau baki dengan rata.
Setelah tempe kering selanjutnya kamu goreng tempe tersebut hingga kering dan tiriskan.

Bahan Pelengkap dan Bumbu

Sumber: Cookpad

Cara membuat kering tempe renyah tahan lama berikutnya yaitu memperhatikan bahan pelengkap dan bumbu yang akan diberikan. Bahan pelengkap tempe kering antara lain bawang putih yang diiris tipis, bawang merah, cabai merah besar yang bijinya dibuang dan iris tipis, kemudian kacang tanah dan teri tawar.
Bahan-bahan tersebut harus digoreng secara terpisah. Jangan kamu menggoreng bumbu dan bahan pelengkap tadi dengan kering tempe.
Sebab bahan-bahan tersebut mengandung air, jika dicampur dengan kering tempe nantinya akan membuat kering tempe menjadi lembek.
Setelah menggoreng bumbu kering tempe. Kamu harus menyiapkan bumbu pelengkap lainnya seperti gula merah garam dan bumbu penyedap.

Campurkan Tempe dan Bumbu

Sumber: Lifestyle Okezone

Setelah semuanya kering seperti tempe goreng, dan bumbu pelengkapnya. Barulah tempe goreng dan bumbu dicampurkan dengan adonan gula.
Cara membuat adonan gula yaitu dengan memanaskan gula merah, garam, daun salam, lengkuas, dan air didalam wajang hingga air mendidih. Biarkan adoanan gula berserabut, dan terdapat buih kecil rata di permukaan wajan.
Setelahnya masukkan bahan-bahan kering tadi kedalam wajan dan aduk dengan cepat agar seluruhnya terbalut dengan adonan gula.
Sebelum memasukan adonan kering tersebut kamu harus pastikan adonan gula sudah hilang kadar airnya. Agar menghasilkan kering tempe yang renyah tahan lama.
Setelahnya sajikan kering tempe yang sebelumnya dibiarkan dingin terlebih dahulu. Masukkan kering tempe kedalam toples kedap udara agar bisa dimakan hingga 2 minggu kedepan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *