Resep Bolu Nutrisari Enak Anti Gagal

Bolu merupakan salah satu kue jadul yang tak pernah ada matinya. Bagaimana tidak, sejak puluhan tahun lalu kue yang satu ini masih saja selalu disukai banyak orang hingga sekarang. Jika bosan dengan rasa bolu yang itu-itu saja, tidak ada salahnya untuk mencoba varian bolu lainnya yang lebih menggoda selera. Bolu nutrisari bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin rasa baru. 

Sensasi segar Nutrisari akan membuat rasa bolu ini terasa berbeda dan jauh lebih nikmat dari biasanya. Tidak sulit, proses pembuatan bolu ini sama saja dengan bolu pada umumnya, sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika membuatnya. Luangkan waktu Anda untuk membuat bolu ini sebagai camilan keluarga di akhir pekan nanti. 

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang perlu Anda lakukan untuk membuat bolu nutrisari lezat: 

1. Siapkan bahan-bahannya 

Pastikan Anda menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan sejak awal, berikut ini daftarnya; 

– 200 Gram terigu

– 5 Butir telur ayam

– 120 Gram gula pasir

– 100 Gram mentega

– 1 ½  Sachet nutrisari jeruk

– ½  Sdt SP

2. Siapkan loyang 

Jangan lupa untuk menyiapkan loyang sebagai wadah adonan bolu yang akan dipanggang. Sesuaikan bentuk dan juga ukuran loyang dengan adonan, agar bolu tidak luber keluar. Alasi loyang dengan kertas roti terlebih dahulu sebelum digunakan. 

3. Siapkan oven

Siapkan juga oven untuk memanggang bolu. Panaskan oven sebelum mulai mencampur adonan, agar adonan bisa segera dipanggang setelah dimixer nanti. Ini akan mencegah adonan menjadi bantat karena terlalu lama didiamkan. 

4. Lelehkan mentega

Bolu dibuat menggunakan mentega yang sudah dilelehkan terlebih dahulu, agar adonan mengembang sempurna. Lelehkan mentega dengan api kecil, namun pastikan tidak sampai mendidih atau terlalu panas. Jika sudah meleleh, diamkan sesaat hingga dingin dan bisa digunakan sebagai campuran adonan bolu. 

5. Buat adonan 

Pecahkan semua telur di dalam wadah dan campurkan dengan gula. Mixer kedua bahan ini dengan kecepatan tinggi selama beberapa menit. Jika adonan telah kental berjejak, matikan mixer. Masukkan terigu dan juga SP secara bertahap ke dalam adonan sambil diayak terlebih dahulu. Aduk balik adonan dengan pelan, lalu masukkan semua sisa terigu sambil diaduk balik perlahan. Tambahkan nutrisari ke dalam adonan, lalu aduk aduk balik kembali hingga rata. Terakhir, masukkan mentega yang sudah dilelehkan dan aduk balik adonan perlahan hingga rata. 

6. Panggang adonan

Tuang adonan ke dalam loyang yang telah dialasi kertas roti secara perlahan. Jangan lupa untuk menghentak-hentakan adonan beberapa saat, agar udaranya bisa keluar. Jika sudah selesai, masukkan adonan ke dalam oven dan panggang hingga matang. Sesuaikan suhu dan lama pemanggangan dengan jenis oven Anda di rumah. Idealnya, adonan ini akan matang ketika dioven pada suhu 150 derajat selama 25-30 menit. Cek kematangan bolu dengan menggunakan tusuk gigi dan pastikan bolu sudah benar-benar matang di semua sisi. 

7. Sajikan setelah dingin 

Jika bolu sudah matang, keluarkan dari oven dan diamkan selama beberapa saat. Biarkan bolu dingin terlebih dahulu, lalu keluarkan dari loyang. Cara ini akan mencegah bolu retak atau bahkan rusak. Jika sudah dingin, potong-potong bolu dan sajikan untuk semua anggota keluarga.

Itulah beberapa langkah mudah untuk membuat bolu nutrisari lezat anti gagal, selamat mencoba.

Baca juga: Cara Membuat Sandwich Sosis Mudah dan Enak

2 thoughts on “Resep Bolu Nutrisari Enak Anti Gagal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *