Cara Membuat Kering Tempe Anti Ribet

Cara Membuat Kering Tempe Anti Ribet, Cek Cara Buatnya di Sini!

Sumber: Cookpad

Kering tempe merupakan lauk makanan yang menjadi favorit banyak orang baik anak-anak maupun orang dewasa. Rasa manis goreng kering tempe membuat dan teksturnya yang renyah membuat siapa saja akan tergoda untuk terus memkannya.

Kering tempe bukan hanya menjadi lauk sandingan saja. Akan tetapi bisa menjadi lauk utama yang sangat lezat, dan bahkan menjadi lauk yang bisa disimpan tahan lama hingga dua minggu lamanya.

Kering tempe menjadi penyelamat lauk makan di rumah ketika kamu malas untuk memasak. Teksturnya yang keriuk pasti tidak akan membuat orang rumah menjadi bosan untuk menyenatapnya.

Yang perlu kamu ingat ketika ingin menyimpang kering tempe dalam jangka waktu yang lama adalah dengan menyimpannya di toples yang kedap udara. Kamu mungkin sering takut untuk membuat kering tempe sendiri di rumah karena sering hasilnya kering tempe tidak renyah atau lembek.

Membuat kering tempe di rumah memang susah-susah gampang. Tapi, jika kamu mengikuti cara membuat kering tempe renyah tahan lama anti ribet di bawah ini pasti kamu akan langsung berhasil.

Silahkan disimak cara membuat kering tempe renyah tahan lama!

Bahan-bahan yang Diperlukan 

Sumber: Fimela

  • Iris tipis 2 papan tempe atau sebanyak 300 gram
  • Iris 4 siung bawang merah
  • Irus 3 siung bawang putih
  • Irus 2 buah cabai merah
  • Geprek 3 cm lengkuas
  • Daun slam 1 lembar
  • Geprek 1 batang serai
  • Gula pasir 75 gram
  • Asam jawa matang 1 butit
  • Garam 1 sdt
  • Merica 1 sdt
  • Air 50 ml

Cara Membuat Kering Tempe 

Sumber: Sweetrip.id

Setelah kamu menyiapkan bahan-bahan diatas. Kini kamu bisa mengikuti cara membuat kering tempe renyah anti ribet yang rasanya enak.

Siapkan wajan atau penggorengan, masukkan minyak secukupnya. Kemudian masukan tempe yang sudah di iris tipis goreng dengan api kecil, setelah warnanya kecoklatan kemudian tiriskan.

Siapkan Teflon atau penggorengan anti lengket. Masukan minyak secukupnya tumis bawang putih, dan bawang merah hingga harum.

Kemudian masukan air, cabai iris, asam jawa, lengkuas, serau, dan daun salam, tumis hingga mengeluarkan aroma harum.

Setelah tumisan harum, masukan gula sedikit demi sedikit hingga gula berbentuk caramel, dan masukkan gula, kemudian koreksi rasa.

Pastikan gula sudah benar-benar berbentuk caramel atau sudah tidak memiliki kadar air. Karena jika dimasukan di dalam posisi tersebut akan menyebabkan kering tempe tidak renyah.

Kemudian masukan tempe yang sudah di goreng. Aduk hingga rata hingga seluruh tempe tercampur rata dengan tulisan dan gula karamel tadi.

Kering tempe sudah jadi. Biarkan dulu hingga dingin, kemudian bisa kamu masukan ke wadah kedap udara agar bisa tahan lama.

Tips Kering Tempe yang Renyah Tahan Lama

Sumber: Piknikdong

Pastikan karamel gula yang dimasak tidak begitu cair. Sebab gula yang cair akan membuat tempe menjadi tidak renyah dan tidak bisa bertahan lama.

Untuk mendapatkan hasil kering tempe yang lebih lezat kamu bisa mencampurkan daun jeruk, dan jangan mengurangi garam karena nantinya kering tempe tidak memiliki rasa yang seimbang

Simpan kering tempe di wadah kedap udara, atau bisa di simpan di suhu sejuk atau kulkas.

Untuk menambahkan citra rasa gurih kamu bisa masukkan kacang goreng dan teri goreng disaat bersamaan masukan tempe goreng di adonan tumisan dan gula.

Baca juga: Resep Bandrek Jahe Merah Khas Medan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *