Resep Bandrek Jahe Merah Khas Medan

Resep Bandrek Jahe Merah Khas Medan yang Super Nikmat

Resep Bandrek Jahe Merah Khas Medan yang Super Nikmat

Bandrek menjadi salah satu minuman populer di tanah air dan begitu disukai oleh banyak orang. Minuman yang satu ini bahkan bisa ditemukan di hampir semua wilayah, meskipun dalam kreasi yang berbeda-beda. Bandrek jahe merah tentu menjadi salah satu yang paling banyak diminati masyarakat. Bandrek jahe merah juga bisa ditemukan di kota Medan, ini bahkan menjadi salah satu minuman favorit di malam hari. 

Rasanya yang khas dan aromanya yang kuat membuat minuman ini selalu dicari. Berbeda dengan resep dan cara pengolahan minuman bandrek di kota lainnya, Medan memiliki ciri tersendiri dalam minuman nikmat yang satu ini. Untuk menikmati segelas bandrek Medan, Anda bisa mencoba resepnya yang terbilang cukup mudah dan simpel untuk dibuat. 


Berikut ini adalah resep bandrek jahe merah khas Medan yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu: 


Resep bandrek jahe merah khas Medan


Bahan-bahan yang dibutuhkan: 

  • 250 Gram jahe merah.

  • 250 Gram gula aren. 

  • 12 Gram kayu manis.

  • 6 Gram cengkeh

  • 1 Sdt lada hitam

  • 2 Batang serai

  • 6 Lembar daun pandan

  • ½  Sdt garam

  • 2,5 Liter air

  • Susu kental manis 

Siapkan semua bahan di atas terlebih dahulu dalam takaran yang pas. Hal ini penting, agar rasa bandrek yang dihasilkan memang benar-benar nikmat dan sesuai dengan harapan.

Cara membuat bandrek dengan resep bandrek jahe merah khas Medan yang nikmat: 

  1. Siapkan semua bahan-bahannya

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah mempersiapkan semua bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Pastikan semua bahan lengkap, agar proses pembuatan bandrek bisa berjalan dengan lancar. 

Baca juga: Cara Membuat Martabak Telur Rumahan

  1. Siapkan jahe

    Jahe

Kupas jahe terlebih dahulu, kamudian cuci hingga bersih. Memarkan jahe dengan cara digeprek. Namun jika ingin rasa yang lebih kuat, parutlah jahe dengan menggunakan parutan kelapa atau keju hingga lembut. Jahe yang diparut seperti ini akan memberikan aroma dan rasa yang lebih kuat pada minuman ini. 

  1. Siapkan gula aren

Gula Aren

Iris gula aren menjadi halus, agar lebih mudah lumer ketika dimasak bersama dengan bahan-bahan lainnya. 

  1. Rebus semua bahan

Panaskan air di dalam panci hingga mendidih, lalu masukkan semua bahan-bahan secara bersamaan, kecuali susu kental manis. Tutup panci dan biarkan air mendidih kembali dan masaklah dengan api sedang. Biarkan mendidih dalam waktu yang lama, setidaknya hingga air berkurang ½ liter. Proses memasak yang cukup lama seperti ini akan membuat rasa bandrek lebih nikmat. Jika air sudah tinggal 2 liter, matikan kompor. 

  1. Pisahkan ampasnya

Sebelum disajikan, Anda harus memisahkan ampas bandrek terlebih dahulu, agar minuman ini lebih mudah untuk dinikmati. Saring ampas bandrek dengan cara menuangkan bandrek ke wadah lainnya. Gunakan saringan yang berukuran besar, sebab ampasnya terbilang cukup banyak juga. Jika hanya memiliki saringan yang kecil, lakukan penyaringan bertahap dengan menggunakan cangkir. 

  1. Sajikan dalam kondisi panas


Bandrek Jahe Khas Medan


Bandrek Medan pada umumnya disajikan dalam kondisi benar-benar panas, sebab bandrek ini menggunakan susu kental manis. Tuang susu kental manis ke dalam gelas saji, cukup sekitar 1/5 bagian gelas saja. Selanjutnya, tuangkan bandrek hingga gelas tersebut penuh. Bandrek jahe merah khas Medan sudah siap untuk diikmati. 

Itulah bahan-bahan dan juga cara membuat bandrek jahe merah khas Medan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Baca juga: Tips Memasak Rendang Lezat yang Awet


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *