Tips Memasak Rendang Lezat yang Awet

 Tips Memasak Rendang Lezat yang Awet dan Tahan Lama

Rendang

Rendang merupakan salah satu makanan yang paling banyak disukai. Bukan hanya di tanah air saja, namun kelezatan panganan yang satu ini bahkan tersohor hingga ke luar negeri. Namun di dalam prakteknya, proses memasak rendang tidaklah mudah, bahkan membutuhkan waktu yang panjang. Inilah salah satu alasan mengapa sebagian orang memasak rendang dalam jumlah banyak sekaligus. 

Jika ingin memasak rendang dalam jumlah yang banyak, pastikan Anda melakukan prosesnya dengan tepat. Hal ini akan membuat rendang bisa tahan lama dan tidak mudah basi. Anda bisa menyimpannya selama beberapa minggu di dalam lemari es. Selain hemat, cara ini juga akan membuat Anda memiliki cadangan makanan untuk beberapa waktu ke depan. 

Berikut ini adalah beberapa tips memasak rendang dengan bumbu rempah kering rendang yang awet: 

  • Pilih daging sapi yang segar

Daging Sapi


Rendang yang lezat tentu harus dibuat dengan menggunakan daging yang berkualitas baik. Pilihlah daging sapi yang segar dan masih baru, sehingga rasanya lezat. Hal ini juga tentu akan jauh lebih sehat, jika dibandingkan dengan daging sapi beku yang sudah mengalami proses penyimpanan selama beberapa waktu di freezer. 

Baca juga: Resep Kuah Shabu-shabu Tom Yam Hingga Kaldu Ayam Lezat

  • Gunakan bumbu berkualitas baik

Bumbu Rempah Kering


Kualitas bumbu yang digunakan dalam proses pembuatan rendang juga tak kalah pentingnya. Gunakan bumbu yang berkualitas baik dan segar, termasuk bumbu kering yang akan dipakai. Belilah bumbu-bumbu ini sesaat sebelum membuat rendang, agar kesegarannya tetap terjaga dengan baik. 


  • Cuci semua bahan hingga bersih

Jangan lupa untuk mencuci semua bahan yang dibutuhkan dengan bersih. Lakukan hal ini di bawah keran yang mengalir, sehingga semua kotoran bisa dihilangkan dari bahan makanan tersebut. Jika perlu, lakukan pencucian hingga beberapa kali dan pastikan semua bahan yang akan digunakan sudah benar-benar bersih. 

  • Gunakan bumbu dengan takaran yang pas


Bumbu Rempah Kering



Hindari takaran bumbu yang asal-asalan, sebab hal ini bisa membuat rasa rendang menjadi tidak karuan. Gunakan bumbu yang tepat dan dalam takaran yang pas sejak awal. Jika perlu, timbangkan masing-masing bumbu ini dan sesuaikan dengan banyaknya daging yang akan direndang. Hal ini akan memungkinkan rendang yang Anda masak benar-benar lezat. 

  • Pakai santan yang berkualitas baik 

Santan Kelapa


Gunakan santan alami dan hindari penggunaan santan instan ketika membuat rendang. Pilihlah kelapa yang berkualitas baik dan sudah tua untuk membuat rendang. Kelapa seperti ini akan menghasilkan santan yang bagus dan bisa membuat rendang lebih gurih. Hal ini juga akan memungkinkan rendang matang dengan baik dan bisa disimpan dalam waktu yang lama. 


  • Lakukan proses memasak dengan benar

Rendang memang membutuhkan proses memasak yang panjang, bahkan bisa sampai berjam-jam. Namun hal ini akan sepadan dengan rasanya yang lezat dan bisa Anda nikmati saat makan. Pastikan Anda memasak rendang ini dengan cara yang tepat, sehingga hasilnya benar-benar sempurna. Hindari api yang terlalu besar ketika memasak, sebab hal tersebut bisa membuat rendang gosong atau bahkan matang dengan tekstur yang tidak lembut 

  • Gunakan wadah penyimpanan yang tepat 

Wadah Penyimpanan Rendang


Jika rendang telah matang, lakukan penyimpanan dengan cara yang tepat. Gunakan wadah penyimpanan yang tepat dan benar-benar kedap udara. Hal ini akan mencegah rendang terkontaminasi udara maupun cairan lainnya selama dapam proses penyimpanan. Pakailah sendok kering dan bersih saat mengambil rendang dan lakukan penutupan wadah dengan baik setelahnya. 


Gunakan bumbu rempah kering rendang yang berkualitas dan lakukan proses memasak yang tepat, agar rendang Anda lezat dan awet hingga waktu yang lama. 

Baca juga: Aneka Resep Bolu Jadul Beserta Cara Membuatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *