Cara Mengusir Tokek dalam Rumah dengan Mudah

Ingin Menghilangkan Tokek? Coba Lakukan Cara Mengusir Tokek dalam Rumah Ini

Sumber: MSN

Cara mengusir tokek dalam rumah pada pembahasan ini dapat kamu lakukan dengan mudah menggunakan beberapa bahan atau barang yang sudah tersedia di rumah. Simak apa saja yang bisa kamu gunakan untuk mengusir tokek.
 
Tokek merupakan salah satu hewan yang dianggap mengganggu bila ada di dalam rumah. Selain suaranya yang keras, tokek adalah hewan yang agresif yang akan menggigit jika merasa terancam. Gigitan tokek sangat sulit untuk dilepas karena tokek memiliki rahang yang kuat. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menjaga agar rumah bebas dari tokek. 
Berikut adalah penjelasan beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengusir tokek:

1. Cangkang Telur

Sumber: Suara Surabaya

Cara pertama mengusir tokek yang efektif dan murah adalah menggunakan cangkang telur. Cangkang telur dapat mengusir tokek dari rumah karena dapat memberikan pengaruh psikologis terhadap tokek. Cangkang telur dianggap sebagai predator atau organisme yang mengancam. Hal ini menjadi metode yang tepat untuk membuat tokek pergi dari rumahmu.
Kamu hanya perlu menaruh cangkang telur yang terbagi menjadi dua di  sudut-sudut rumah, sarang tokek, atau tempat tokek sering lewat. Sebaiknya menaruh cangkang telur di beberapa tempat sekaligus agar tokek cepat terusir dan gantilah cangkang telur 2 minggu sekali. 

2. Lada dan Merica

Sumber: Belajar Sampai Mati

Lada dan merica merupakan dua bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengusir tokek. Kamu perlu mencampurkan salah satu atau keduanya dengan air kemudian memasukkannya ke dalam botol semprotan. Semprotkanlah larutan ini ke sudut rumah atau tempat di mana tokek biasa lewat. 
Lada dan merica memberikan rasa dan aroma yang pedas yang dapat membuat tokek tidak nyaman. Selain itu, bahan ini dapat menimbulkan iritasi dan rasa panas pada tokek bila kena tubuhnya. Kamu juga boleh mengganti bahan menggunakan bubuk cabai atau garam untuk membuat larutan pengusir tokek ini.

3. Bawang-bawangan

Sumber: WowKeren.com

Berbagai jenis bawang bisa kamu gunakan untuk membuat tokek pergi dari rumahmu. Kamu bisa memotong bawang bombai menjadi dua atau menggunakan beberapa siung bawang merah atau bawang putih. Taruhlah bawang di beberapa sudut rumah atau tempat persembunyian tokek. Pastikan kamu mengganti bawang-bawang ini seminggu sekali.
Bawang-bawangan memiliki aroma yang kuat dan menyengat yang tokek tidak suka sehingga dapat menolak keberadaan mereka. Bawang merah juga dapat memberi rasa pedih atau perih jika terkena tokek. Tokek akan merasa tidak nyaman dengan adanya bahan ini di sekitar mereka sehingga akan memilih untuk meninggalkan rumah kamu.

4. Kapur Barus

Sumber: Kompas.com

Kapur barus selain dapat mengusir serangga juga bisa digunakan untuk mengusir tokek. Taburkan bubuk kapur barus ke sudut rumah dan tempat persembunyian tokek seperti di bawah lemari es, kompor, wastafel, belakang lemar, dan di atas plafon. Kamu juga bisa mengaplikasikannya pada tembok dengan mencoret-coret. Aroma yang ditimbulkan kapur barus tidak disukai tokek sehingga bisa membuat tokek pergi.

5. Cairan Pengusir Nyamuk

Sumber: Blibli.com

Cairan pengusir nyamuk ternyata juga bisa membuat tokek kabur dari rumah kamu. Cukup dengan menyemprotkan cairan pengusir nyamuk atau mengoleskan lotion pengusir nyamuk di tempat tokek sering lewat atau di persembunyiannya. Kamu juga dapat menyemprotkan cairannya langsung pada tokek ketika muncul. Tokek akan pergi dari rumah dengan menggunakan cairan pengusir nyamuk karena wanginya yang menyengat tidak disukai oleh tokek. 
Itulah cara mengusir tokek dalam rumah untuk kamu praktekkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *