7 Jenis Tanaman Toga dan Masing-masing Khasiatnya

7 Jenis Tanaman Yang Termasuk Toga dan Khasiatnya, Simak di Sini!

Sumber: CNN Indonesia

Kamu pernah mendengar kata Toga tidak? Yang dimaksud Toga disini bukanlah topi yang biasa digunakan di hari wisuda, melainkan Toga alias singkatan dari Tanaman Obat Keluarga.

Tanaman Toga merupakan jenis tanaman yang banyak ditanam di pekarangan rumah. Selain karena proses penanam hingga perawatannya yang mudah, Toga ini juga memiliki khasiat yang sangat mujarab sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Lantas, apa saja contoh tanaman Toga dan seperti apa khasiatnya? Simak ulasan dibawah ini !

Daun Kemangi

Sumber: Fimela.com

Selain berguna sebagai lalapan, daun kemangi juga ternyata mampu mengobati berbagai penyakit berkat kandungan zat didalamnya. 

Adapun berbagai penyakit yang bisa diobati dengan daun kemangi adalah seperti bau mulut, sariawan, diare, dan nyeri payudara. Selain itu, aroma daun kemangi pun mampu mencegah hadirnya nyamuk. Sehingga tidak heran jika daun kemangi ini termasuk Toga.

Baca juga: Keutamaan Sholat Dhuha dan Tata Caranya

Brokoli

Sumber: Liputan6.com

Brokoli adalah salah satu Toga yang khasiatnya sudah diakui banyak orang. Tanaman obat herbal keluarga yang memiliki bentuk unik ini memang menyimpan segudang manfaat, baik untuk anak kecil maupun untuk orang dewasa. Brokoli berkhasiat sebagai antiokasidan, sumber vitamin C, dan bisa membantu mencegah kanker. 

Kangkung

Sumber: Halodoc

Kangkung juga termasuk kedalam kategori Toga karena kemampuannya yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti mengatasi sakit kepala atau migrain, mengobati insomnia, mencegah sariawan dan sakit gigi, menyembuhkan urat syaraf lemah, mengatasi cacar air, menyembuhkan wasir dan sembelit, serta mengobati frambusia (puru/patek). 

Kamu yang memiliki tanaman kangkung di rumah pun bisa memanfaatkannya untuk dimasak menjadi tumisan yang lezat dan bergizi. 

Pacar Cina

Sumber: Wikipedia

Kamu perlu siapkan lahan yang cukup luas jika ingin menaman pacar cina. Pasalnya, setiap bagian dari tanaman pacar cina ini mulai dari batang, daun, hingga bunganya bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti mengatasi bisul, mengobati haid berlebihan, dan mengobati luka memar. 

Jeruk Nipis

Sumber: Indrigirione.com

Selain dikenal sebagai bahan penyedap makanan, jeruk nipis pun populer akan khasiatnya untuk kesehatan. Pasalnya, jeruk nipis mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat yang bisa menyembuhkan ambeien serta mengobati batuk yang disertai influenza, demam, radang tenggorokan, dan vertigo. 

Seledri

Sumber: Halodoc

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan seledri. Tanaman yang satu ini memang sering digunakan sebagai tambahan penyedap di berbagai masakan. Namun, siapa sangka dibalik rasanya yang sedap, ternyata seledri juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. 

Didalam seledri terdapat kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B1, kalium, mineral, dan zat besi. Kandungan – kandungan tersebut membuat seledri berkhasiat bisa mengobati tekanan darah tinggi, mengembalikan nafsu makan, dan mencegah timbulnya kerutan di wajah.

Daun Kelor

Sumber: Ngopibareng.id

Daun kelor tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para ibu menyusui. Karena daun kelor ini dipercaya bisa membantu memperbanyak produksi ASI. Ternyata manfaat tanaman yang satu ini juga jauh lebih banyak dari itu. 

Bahkan WHO menobatkan daun kelor ini sebagai pohon ajaib karena harganya yang murah, namun mujarab untuk mencegah serta mengobati berbagai penyakit, terutama di negara – negara miskin. 

Adapun beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan daun kelor adalah sebagai berikut mengobati demam, mengatasi panas dalam, mengatasi gangguan pencernaan, menaikkan imunitas tubuh, dan mencegah gula darah berlebih. 

Selain itu masih ada jenis tanaman lain yang termasuk Toga yaitu jahe dan jintan hitam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *